Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

MANFAAT IKAN SIDAT

Ikan Sidat

Ikan Sidat memiliki nama yang cukup banyak menurut bahasa didaerahnya masing-masing. Orang Sunda menyebutnya lubang, daerah Poso menyebutnya sogili. Kalau di Betawi disebut moa. Ada lagi menyebutnya massapi, pelus sedangkan nama latinnya adalah Anguilla sp. Lalu, ada daerah yang sudah akrab dengan belut berkuping ini tetapi belum akrab dengan harganya sehingga mereka mencari ikan sidat ini untuk menjadi umpan untuk memancing ikan gabus. Bayangkan ikan yang mahal dikorbankan untuk memperoleh ikan yang harganya relatif sangat murah bila dibanding dengan ikan  sidat.

Didaerah lain ikan sidat dianggap ikan keramat sehingga disebut ikan dewa. Akibatnya perlakuan yang diberikan kepada ikan yang satu ini ialah tidak boleh diganggu dan dibiarkan beranak pinak. Mungkin karena dianggap ikan berkuping dan aneh sehingga dikeramatkan padahal itu bukan kuping tapi sekedar sirip berenang. Mereka dihormati dan dijadikan tontonan dengan memberikan makanan telur yang dicacah hanya sekedar untuk melihatnya keluar dari lubang persembunyiannya.

Tetapi dinegara Scandinavia sana keluarga kerajaan melakukan acara makan siang atau makan malam dengan menu ikan sidat ini dengan acara semi resmi. Begitu tinggi kedudukan ikan sidat ini sehingga yang mengkonsumsinya dari golongan darah biru. Dipercayai bahwa ikan sidat ini mengandung manfaat bagi kesehatan dan untuk itulah keluarga kerajaan membuat jadwal makan ikan sidat secara rutin agar kesehatan keluarga kerajaan tetap terjaga dengan baik. Pemilik restoran tentu saja berbangga hati karena restorannya didatang keluarga kerajaan yang sangat terhormat itu dan tentu saja harga ikan sidat menjadi melejit naik.


Jenis-Jenis Ikan Sidat
Jenis ikan yang mirip ular ini terdiri dari berbagai jenis. Dari sudut pandang tempat hidup atau habitat maka ada sidat air asin yang habitatnya berada dilaut dan ada pula sidat air tawar atau payau. Jenis yang diair asin tampilan badannya agak tipis mungkin maksudnya agar mampu berkelana dilautan yang begitu luas sedang yang diair tawar relatif lebih bulat.
Berbicara mengenai jenis bentuknya maka dari 18 jenis yang ada didunia, Indonesia memiliki 6 jenis yakni :
●     Anguilla marmorata yang berwarna hitam kecokleatan dengan berbintik-bintik sehingga disebut juga sidat bunga, terdapat dibagian Timur Indonesia. Banyak dibudidayakan di Indonesia Bagian Timur.
●    Anguilla bicolor yang punggungnya berwarna hitam/biru tua dengan perut agak putih. Terdapat di Indonesia Bagian Barat. Bukan berarti bicolor tidak ada di Indonesia Bagian Timur atau sebaliknya. Tidak juga, cuma secara garis besar begitulah alam mengaturnya. Bicolor banyak dibudidayakan di Jawa dan Sumatera.
●   Anguilla ancertalis, beciri kulit berwarna abu-abu gelap dan lebih gelap dari warna Anguilla celebensis dan juga ada bintik-bintiknya.
●   Anguilla borneoensis dimana kulitnya berwarna putih dan terang. Terdapat didaerah Kalimantan. Karena pembudidayaannya kurang, dikhawatirkan bisa hilang sehingga dilindugi dan boleh ditangkap sebatas untuk dikonsumsi saja.
●      Anguilla celebensis yang warna kulitnya abu-abu dan berbintik  
●   Anguilla borneoensis dimana kulitnya berwarna putih dan terang. Terdapat didaerah Kalimantan. Karena pembudidayaannya kurang, dikhawatirkan bisa hilang sehingga dilindugi dan boleh ditangkap sebatas untuk dikonsumsi saja.
●    Anguilla mauritania dimana tubuhnya berbintik-bintik sementara warnanya lebih gelap dari semua jenis yang ada diatas.


Kandungan Yang Terdapat Pada Ikan Sidat
Ternyata mengapa Ikan Sidat dicari orang, menjadi santapan/makanan Raja-Raja baik di Eropa maupun Jepang dan harga ikan sidat menjadi mahal tidak lain dan tidak bukan karena kandungannya begitu kaya/tinggi melebihi dari hewani  lainnya. Mari kita lihat perbandingannya :
♦     Kandungan Vitamin-A.
Kandungan Vitamin-A pada sidat 45 kali lipat dari kandungan yang ada pada susu  sapi.
♦     Kandungan Vitamin B-1.
Ternyata 25 kali lipat dibandingkan dengan kandungan susu sapi.
♦     Kandungan Vitamin B-2.
Kandungan pada  sidat setara dengan 5 kali lipat yang ada pada susu sapi.
♦    Kandungan EPA atau Eicosapentaeonic Acid sebanyak 742 mg/100 gram sedangkan ikan salmon memiliki 492 mg/100 gram.
♦     Kandungan DHA atau Decosahexaeonic Acid adalah 1.337 mg/100 gram. Bandingkan dengan ikan salmon yang hanya memiliki 748 mg/100 gram. DHA sangat penting bagi pertumbuhaan anak terutama perkembangan fungsi otak.
♦     Kandungan Zinc yang terdapat pada sidat sebesar 9 kali lipat dibanding susu sapi. Adapun Zinc merupakan salah satu unsur untuk perkembangan tubuh. Berperan dalam merespon imunitas, fungsi otak serta  kemampuan reproduksi.
♦     Kandungan asam lemak Omega 3 yang tinggi yakni 10,9 gram/100 gram. Berfungsi untuk meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi.
Manfaat Ikan Sidat

Setelah kita membedah zat-zat apa saja yang terkandung pada ikan sidat ini dan kita telah mengetahui lebih jelas karena terpapar dengan angka yang dibandingkan dengan hewani lainnya maka apapun manfaatnya bukan lagi merupakan bualan atau sekedar iklan kosong bahkan faktanya sudah jelas dari masing-masing kandungan ditambah dengan hal-hal lain.
Apa saja manfaat dari ikan sidat yang menjadi favorit kita kali ini?
♥     Mengonsumsi ikan sidat secara teratur akan dapat meningkatkan imunitas tubuh,
Menghilangkan racun dalam tubuh, berfungsi sebagai antioksidan serta dapat memperlambat penuaan.
      Menurunkan kandungan lemak jahat dalam darah.
 ♥  Dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta memperbaiki sirkulasi kapiler dan mempertahankan tekanan darah normal.
      Menghindari penyakit aterosklerosis dan mengurangi keletihan.
 ♥  Karena ikan ini mengandung Omega 3 yang cukup signifikan maka mampu menghambat meluasnya penyakit diabetes
      Mengobati pembuluh darah otak, rabun jauh dan dekat, glaucoma dan penyakit mata kering akibat kelelahan.
♥   Karena ikan ini mengandung Omega 3 yang cukup signifikan maka mampu menghambat meluasnya penyakit diabetes.
        Mampu meningkatkan gairah dan stamina pria dewasa. 


Kesimpulan

Dari uraian awal sampai kepada manfaat ikan sidat kita dapat mengambil beberapa kesimpulan :
●    Bahwa  ikan sidat ternyata merupakan  salah satu ikan air tawar yang memiliki kandungan yang terbanyak dibanding ikan air tawar ataupun air asin lainnya sehingga apabila kita mengonsumsinya secara teratur, badan akan tetap fit, sehat, mampu memperlambat degenerasi, dapat mempertahankan gairah seks pria dewasa sehingga isteri bisa bahagia dan mengonsumsi  ikan sidat berarti sama saja kita menjaga kesehatan dan itu lebih baik dari pada mengobati.
●     Dengan kelebihan yang dimiliki ikan ini  maka sudah sewajarnya harga ikan sidat ini akan menjadi mahal dan menjadi perburuan orang bahkan merupakan makanan yang menjadi kebanggaan bagi komunitas “the have” dunia






























Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

2 komentar: